Senin, 16 Desember 2019

cara mix audio di audacity

berikut Cara memasukkan suara ke Audacity itu mudah sekali. Ada dua cara:   



1. Drag n Drop:
Kamu cukup menarik/menyeret file audio yang kamu inginkan ke dalam Audacity. Selama Audacity mengenali/mensupport file tersebut, maka file audio yang kamu masukkan akan lansung terbaca.


2. Lewat Menu File
Yang ini klasik. Klik menu, pilih Import -> Audio

selanjutnya


Mari kita lihat lebih dekat:


Dua track paling atas adalah vokal, "sebuah berita.". Dua track vokal adalah yang terpenting, jadi saya tempatkan di atas. Sementara dua track di bawahnya nggak terlalu penting, jadi di bawah saja.

Track ke-dua adalah suara latar. Itu suara dua orang narasumber dan beritawan, Kemudian di track ke-empat ada Efek Suara.
Sekarang kita mulai dari awal. Masukkan saja keduanya dengan salah satu cara di atas. Saya kasih contoh ya:

1. Masukkan file audio. 



2. Pastikan file yang kamu masukkan terdiri dari dua tipe suara: Vokal dan Suara Latar.

Vokal adalah suara yang berisi materi utama yang akan kamu 'sampaikan' kepada audiens. Bisa itu berupa rekaman narasumber, dosen, atau suara vokalis. Sedangkan suara latar adalah suara yang bisa membangun atmosfer. Misalnya suara burung, angin, atau (walaupun saya nggak terlalu suka) alat musik.

Letakkan suara latar di bawah vokal. Sebenarnya nggak ada aturan baku seperti ini. Hanya saja, urutan ini memudahkan kita untuk melihat suara mana yang prioritas. Semakin prioritas suara untuk ditampilkan/diperdengarkan, semakin letaknya di track atas.

Nanti akan berbentuk seperti ini:
 

Semua file audio akan berada di sebelah kiri. Untuk memindahkan posisinya, klik Time Shoft Tool:


Setelah itu, kamu bisa menggeser blok audio ke arah yang kamu inginkan. Yang perlu diingat adalah, track mono nggak bisa di geser/pindah ke track stereo, begitu juga sebaliknya.

selanjutnya

1. Selection Tool: Untuk menyeleksi blok audio, mengarahkan kursor.
2. Time Shift Tool: Untuk menggeser/memindah blok audio. Ingat, blok stereo tidak bisa digeser ke track mono, dan begitu juga sebaliknya.
3. Envelope Tool: Untuk mengubah variabel suara/volume di titik manapun di dalam blok audio.



untuk hasil   click here 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jack C. Richards Curriculum Development in Language Teaching Cambridge Language Education.pdf

Book Description This text provides a systematic introduction to the issues involved in planning, developing, and managing effect...